Tentang kami

banner5656

Berita - berita dari track F1,profil Pembalap,tim,track dan segala macam mengenai F 1 disuguhkan kehadapan anda clik here.

China GP : The Winners and The Losers

Selasa, 20 April 2010
f1_ChinaGPRed Bull Racing kembali menelan kecewaan. Dengan start dari posisi 1-2, mereka malah finis 6 dan 8 GP Cina. And the Winners is pembalap Mclaren yang malah mendominasi di GP Cina , di tengah guyuran hujan, Jenson Button dan Lewis Hamilton finish di urutan satu dan dua. RBR malah jadi the losers. Mungkin sebaiknya RBR tidak perlu pole position untuk menang seperti di Malaysia GP.

Tanpa perlu banyak bertarung, cukup mengandalkan kejelian menentukan strategi, sekali lagi Jenson Button membuktikan kapabilitas dirinya sebagai juara dunia. Keputusan tepat soal ban sesaat sebelum lomba membawanya meraih kemenangan di GP Cina.

Baik Button dan Hamilton tak mendapat hasil memuaskan pada sesi kualifikasi kemarin. Duo McLaren ini menempati urutan lima dan enam saat kualifikasi. Tapi, hasil impresif justru diraih saat balapan.

Sempat tercecer di lap-lap awal. Button mampu mengambil alih posisi terdepan di lap 20. Sementara Sebastian Vettel, yang meraih pole position ketiga kali harus puas finish di urutan enam. Hasil positif diraih Nico Rosberg (Mercedes). Rosberg meraih podium kedua musim ini dengan finish di urutan tiga.

Fernando Alonso langsung melesat ke urutan terdepan ketikan balapan baru dimulai. Alonso menyalip duo Red Bull Racing, Vettel dan Sebastian Webber.

Sementara nasib nahas menimpa Vitantonio Liuzzi. Mobilnya tergelicir dan terpaksa retired di lap dua. Rubens Barrichelo nyaris terkena imbas, saat mobil Liuzzi lewat di depannya.

Usai pengawalan safety car, Rosberg langsung melejit memimpin lomba. Sementara Vettel terlempar dari sepuluh besar. Demikian juga dengan Alonso yang sempat mengejutkan di lap awal lomba.

Balapan makin sengit karena para pembalap besar seperti Alonso, Felipe Massa, Webber dan Vettel, kesulitan menembus barisan depan.

Jenson Button mengambil alih jalannya lomba di lap 20. Dia sukses melewati Rosberg yang selama 16 lap memimpin di barisan terdepan.

Sirkuit internasional Shanghai justru memanas saat hujan mulai deras. Derasnya hujan yang mengguyur kawasan Shanghai membuat balapan semakin menarik. Vettel, Alonso, Schumacher, dan Barrichelo terlibat persaingan sengit di lap 28.

Hamilton dan Alonso mulai merangsek ke depan. Alonso yang sempat terlempat ke sepuluh besar mampu menyalip ke urutan empat. Sementara Alonso menguntit rekan setimnya, Button, di posisi runner up.

Dominasi McLaren tak terkejar hingga akhir balapan. Button tak mendapat perlawanan berarti dari Hamilton maupun Rosberg yang akhirnya menempati urutan dua dan tiga. Dengan Rosberg diposisi ketiga, podium GP Cina milik mesin Mercedes.

Di GP Australia lalu, Button juga melakukan hal yang sama. Tepat dalam menentukan strategi lomba membuatnya meraih kemenangan meski start dari posisi kurang baik dan tidak diunggulkan.
Di GP Cina, start dari posisi kelima, Button memutuskan untuk tetap memakai ban slick ketika hampir sebagian besar pembalap papan atas masuk pit di awal lomba untuk mengganti ban intermediate memanfaatkan periode Safety Car. Meski periode SC mengurangi keunggulan Button, ia tetap tenang dan memanfaatkan keunggulan posisi karena tidak kehilangan banyak waktu.
Terbukti, perjudiannya tepat karena pembalap yang mengganti ban intermediate akhirnya masuk lagi untuk mengganti ban slick. Button baru masuk pit untuk mengganti ban ketika kondisi trek sudah benar-benar basah dan tidak mungkin dipaksakan menggunakan ban slick.
"Bagi saya, ini adalah kemenangan terhebat. Memang, setiap kali menang itu akan menjadi kemenangan terhebatmu, tapi ini terjadi di kondisi yang sangat sulit. Hal bagusnya adalah mobil kami sangat cepat hari ini. Ini bukan hanya persoalan strategi yang tepat dalam membaca cuaca, ini juga tentang mobil yang cepat. Di akhir lomba, kami sekitar dua detik lebih cepat dibanding pembalap lain. Kami memang tidak tahu di mana posisi kami jika kondisi kering, tapi kami mencoba melupakannya untuk saat ini," seru Button usai lomba seperti dikutip autosport.com.
Apa yang diucapkan Button memang tepat. Di tengah lomba, Nico Rosberg sempat lama berada di belakang Button. Namun, hampir di semua lap ia tertinggal lebih dari satu detik membuat jarak Button semakin jauh. Di bagian akhir lomba, rekan satu tim Button, Lewis Hamilton yang bertarung habis-habisan sepanjang lomba, sanggup menyusul Rosberg untuk memastikan finis 1-2 bagi McLaren. Bagi McLaren ini adalah sukses besar karena terakhir kali mereka finis 1-2 terjadi di musim 2007.
Lewis Hamilton mengaku membuat keputusan salah dalam pemilihan ban di GP China, sore ini. Meski demikian, dia memuji penampilan apik rekan setimnya, Jenson Button.

“Ini balapan tak terlupakan. Saya ucapkan selamat kepada Jenson, dia melakukan pekerjaannya luar biasa dan melakukan keputusan lebih baik,” tandas Hamilton.

“Sangat berat melakukan balapan di awal, cuaca di sana kurang bersahabat. Saya mengambil keputusan terlambat dan itu bukan keputusan terbaik,” lanjut Hamilton.

Kami berdua melakukan pekerjaan luar biasa. Tim juga bekerja keras. Kami semua bekerja dengan baik dan tim ini sangat hebat,” tuntas Hamilton.
Lewis Hamilton (McLaren) dan Sebastian Vettel (Red Bull) yang terkena inside di pitline dipastikan tak terkena penalty.
Hamilton dan Vettel mendapat teguran dari penjaga lintasan di Sirkuit Internasional Shanghai. Mobil mereka terlihat berbenturan saat memasuki pitstop. Setelah balapan, tim investigasi langsung mengadakan penyelidikan terkait insiden tersebut.

Sebelumnya, dikhawatirkan salah satu atau bahkan kedua pembalap itu menerima penalti saat balapan di GP Spanyol.

Alex Wurz, salah satu tim yang melakukan investigasi tersebut, menyatakan kedua pembalap ini tak melakukan kesalahan dan tak akan dikenai penalti, demikian dilansir gpupdate, Minggu (18/4/2010).

“Sejauh ini saya merasa hal itu tak masalah. Tim menunggu karena kami dikejar waktu dan mereka menunggu hingga waktu yang tepat. Tapi, ketiksa saya tiba saya melihat Sebastian ada di sana, dia sedikit menekan di sebelah kanan dan ban kami sedikit bersenggolan. Tapi, saya rasa itu fair,” tegas Hamilton.

“Saat memasuki pitstop, saya berada di depan dan tak tahu mengapa dia (Hamilton) terus mendekati saya. Saya harap tak terjadi tabrakan saat itu. Tapi, saya benar-benar tak mengerti apa yang terjadi karena saya sedikit di depan,” Vettel menambahkan.








Chinese Grand Prix Results

PosNoDriverTeamLapsTimeGridPts
11Jenson ButtonMcLaren-Mercedes56Winner525
22Lewis HamiltonMcLaren-Mercedes56+1.5 secs618
34Nico RosbergMercedes GP56+9.4 secs415
48Fernando AlonsoFerrari56+11.8 secs312
511Robert KubicaRenault56+22.2 secs810
65Sebastian VettelRBR-Renault56+33.3 secs18
712Vitaly PetrovRenault56+47.6 secs146
86Mark WebberRBR-Renault56+52.1 secs24
97Felipe MassaFerrari56+57.7 secs72
103Michael SchumacherMercedes GP56+61.7 secs91
1114Adrian SutilForce India-Mercedes56+62.8 secs10
129Rubens BarrichelloWilliams-Cosworth56+63.6 secs11
1317Jaime AlguersuariSTR-Ferrari56+71.4 secs12
1419Heikki KovalainenLotus-Cosworth55+1 Lap21
1510Nico HulkenbergWilliams-Cosworth55+1 Lap16
1621Bruno SennaHRT-Cosworth54+2 Laps23
1720Karun ChandhokHRT-Cosworth52+4 Laps24
Ret18Jarno TrulliLotus-Cosworth26+30 Laps20
Ret25Lucas di GrassiVirgin-Cosworth8+48 Laps22
Ret22Pedro de la RosaBMW Sauber-Ferrari7+49 Laps17
Ret16Sebastien BuemiSTR-Ferrari0+56 Laps13
Ret23Kamui KobayashiBMW Sauber-Ferrari0+56 Laps15
Ret15Vitantonio LiuzziForce India-Mercedes0+56 Laps18
Ret24Timo GlockVirgin-Cosworth0+56 Laps19


0 komentar:

 

Followers